Nusantara

Pemkab Lebak: Tak Akan Ada Perubahan DPT di Pilkades

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten Lebak menegaskan, tidak akan ada perubahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemiihan kepala desa (Pilkades) serentak, kendati banyak warga yang tidak masuk dalam DPT meski mempunyai hak pilih namun tidak terdaftar dalam DPT Pilkades yang sudah ditetapkan tanggal 26 Agustus 2021 lalu.

“Mohon maaf bagi masyarakat yang tidak masuk dalam DPT tidak mempunyai hak pilih dalam pilkades,meski saat pemilu presiden dan legislatif, maupun pilkada lalu dia terdaftar sebagai pemilih,” ujar Alkadri, Assda I Pemkab Lebak kepada indoposco menyikapi banyaknya warga yang mengaku tidak masuk dalam DPT Pilkades serentak, Sabtu (23/10/2021).

Menurut Alkadri,Undang Undang (UU) pemilu dan UU pilkades berbeda,dan dalam pilkades tidak ada panitiia pengawas (Panwas) namun semuanya diserahkan kepada panitia desa dan masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya pilkades agar berjalan secara aman,jujur, adil dan rahasia.

” Jadi UU pemilu dan pilkades itu berbeda. Setelah ditetapkannya DPT tanggal 26 Agustus dan tidak ada komplaint dari masyarakat, sehingga kini tidak akan ada lagi perubahan DPT meski warga itu mempunya hak pilih, namun dia tidak bisa memilih hanya dengan cara menunjukan KTP,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button