Nusantara

Pelabuhan Tanjung Perak Sosialisasikan Layanan Digital

INDOPOSCO.ID – Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menyosialisasikan layanan digital berupa perangkat Portal Perak kepada pengguna jasa untuk mendorong keringanan layanan kepelabuhanan.

Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Yefri Meidison saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa, mengatakan Portal Perak dapat diakses melalui laman ataupun aplikasi android di telepon seluler.

Bagi ia, aplikasi Portal Perak dapat berikan keringanan khususnya untuk pelayanan yang masih dilakukan secara manual dan belum terakomodasi oleh sistem”Inaportnet”.

Melalui Portal Perak, lanjut ia, nantinya 6 pelayanan kepelabuhanan yang menjadi tanggung jawab Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dapat dilayani secara digital.

Layanan tersebut mencakup sistem informasi pelayanan kapal tonase kecil (Sikancil), sistem monitoring dan evaluasi data kemampuan (Simasdiki) dan sistem laporan kegiatan bulanan secara elektronik (e-Report).

Selanjutnya, sistem rekomendasi pembukaan perusahaan (e-Rekom), sistem registrasi TKBM (e-TKBM) dan sistem daring pembayaran pelayaran rakyat (Soppelra).

Meski begitu, bagi Yefri, untuk saat ini penerapan layanan digital Portal Perak masih dalam proses karena harus menemukan izin terlebih dulu dari pemerintah pusat.
“Sembari menunggu, sebelum kami launching, disosialisasikan dulu kepada masyarakat. Supaya nanti saat launching mereka tidak lagi gagap teknologi atau gaptek untuk mengoperasikannya,” ucapnya.

Kegiatan sosialisasi Portal Perak ini diikuti perwakilan dari perusahaan angkutan laut, bongkar muat, pelayaran rakyat, jasa pengurusan transportasi, jasa keagenan kapal dan pengelola terminal. (mg4)

Back to top button