Nusantara

Pernikahan Dini Jadi Penyebab Tingginya Angka Stunting di Indramayu

INDOPOSCO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menyebutkan pernikahan dini dan bekerja di luar negeri, menjadi salah satu faktor tingginya angka stunting atau gagal trumbuh/kerdill pada balita di daerah tersebut.

“Banyaknya pernikahan dini terutama pada remaja putri di Kabupaten Indramayu juga menjadi penyebab tingginya stunting,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu Deden Boni Koswara di Indramayu, Selasa.

Deden mengatakan, stunting di Kabupaten Indramayu, menjadi salah satu yang tertinggi di Jawa Barat, di mana data terakhir dari 125 ribu anak, 41 ribu di antaranya mengalami stunting.

Menurutnya banyak faktor yang menjadikan anak itu mengalami stunting, di antaranya pernikahan dini, karena pada usia di bawah 16 tahun, banyak yang belum mengetahui secara tepat untuk merawat kehamilannya.

Faktor lainnya yaitu, banyak anak yang harus berganti asuhan, karena orang tuanya pergi merantau ke luar negeri, sehingga gizi yang seharusnya tercukupi tidak bisa didapatkan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button