Nusantara

Upaya Bea Cukai Optimalkan Fasilitas Kawasan Berikat di Bogor dan Semarang

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jasa, salah satunya melalui koordinasi dan asistensi yang baik terhadap penerima fasilitas kawasan berikat dan pengguna IT Inventory. Kali ini upaya tersebut dilakukan oleh Bea Cukai antara lain di Bogor dan Semarang.

Di Bogor, Bea Cukai Bogor mengadakan asistensi terkait ketentuan Pusat Logistik Berikat (PLB) kepada PT Mercedes-Benz Indonesia, (05/10). Dalam kegiatan ini, Bea Cukai Bogor memberikan penjelasan terkait Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor 011/BC/2018 tentang Perubahan Atas Perdirjen Bea dan Cukai nomor 01/BC/2016 tentang Tatalaksana Pusat Logistik Berikat. Selain itu, juga diberikan materi terkait Peraturan Menteri Perindustrian No.23 Tahun 2021 Tentang Industri Kendaraan Bermotor Roda Empat Atau Lebih

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan terkait rencana pendirian PLB oleh PT Mercedes-Benz Indonesia. “Fasilitas PLB menawarkan segudang manfaat kepada pengguna jasa, seperti penangguhan bea masuk, pajak, izin impor, kepemilikan barang yang fleksibel, jangka waktu timbun barang yang fleksibel serta asal dan tujuan barang yang fleksibel (lokal, impor dan ekspor),” imbuhnya.

“Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh fasilitas PLB ini, pastinya akan memudahkan perusahaan dalam mengelola proses produksi barang. Selain manfaat yang didapatkan perusahaan, terdapat manfaat lain bagi negara dimana sektor perekonomian akan semakin tergerak hingga terbukanya lapangan pekerjaan yang baru,” sambung Firman.

Selain asistensi terkait PLB, Bea Cukai Bogor juga melakukan pembahasan terkait IT Inventory dan CCTV besama perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat di wilayah pengawasannya. Perusahaan tersebut antara lain PT HJ Busana Indah, PT Toa Galva Industries dan PT Xacti Indonesia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button