Nusantara

Tol Solo-Bandara YIA Kulon Progo Mulai Konstruksi

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan badan usaha jalan tol (BUJT) telah membuka pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo sepanjang 96, 57 km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan- kawasan produktif dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing Indonesia untuk menarik investasi serta meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi darmawisata.

“Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kepadatan lalu lintas terutama arus komoditas,” ucap Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Proyek jalan tol yang mengaitkan antara Provinsi Jawa Tengah dengan DI Yogyakarta ini diharapkan akan semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, barang, dan jasa karena akan terhubung dengan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Solo.

Tidak hanya itu, juga meningkatkan aksesibilitas mengarah kawasan pariwisata di sekitar wilayah Pulau Jawa bagian selatan seperti Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.

Pembangunan Jalan Tol Solo- Yogyakarta- Bandara YIA Kulon Progo terdiri atas 3 seksi, yakni Seksi I mengaitkan Kartosuro- Purwomartani sepanjang 42, 37 kilometer yang saat ini telah dalam langkah konstruksi dengan kemajuan fisik 2, 07 persen.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button