Nusantara

Perang Melawan Narkoba, Pemasyarakatan DIY Wujudkan Lapas Bersinar

INDOPOSCO.ID – Jajaran Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM D.I. Yogyakarta kembali menunjukkan komitmennya dalam perang melawan narkoba.

Enam Unit Pelaksana Teknis (UPT) yaitu Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Rutan Kelas IIB Bantul, Rutan Kelas IIA Yogyakarta, Lapas Kelas IIB Wonosari, Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta, dan LPKA Kelas II Yogyakarta telah sukses melaksanakan kegiatan Apel Siaga dan Deklarasi Stop Narkoba Menuju Lapas/Rutan/LPKA Bersih dari Narkoba (Bersinar).

Kegiatan diawali dengan Apel Siaga yang diikuti oleh seluruh jajaran Pemasyarakatan DIY serta APH terkait seperti BNN, TNI, Polri, maupun Tim Media sebagai wujud komitmen jajaran Pemasyarakan dalam program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Selanjutnya seluruh peserta apel melakukan penggeledahan kamar, barang, maupun badan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) memastikan Lapas/Rutan/LPKA Yogyakarta telah bersih dari Handphone, Praktik Pungli, dan Narkoba.

Selain razia, juga dilakukan tes urine kepada pegawai maupun WBP yang diambil secara acak sebagai sample. Dari hasil tes urin yang telah dilakukan kepada Petugas maupun WBP di 6 Lapas/Rutan/LPKA tersebut dinyatakan negatif Narkoba.

Berdasarkan hasil penggeledahan dan tes urine yang telah dilaksanakan, seluruh Lapas/Rutan/LPKA tersebut bersih dari Handphone, Praktik Pungli, serta Narkoba, sehingga seluruh Lapas/Rutan/LPKA tersebut dinyatakan siap untuk melaksanakan Deklarasi Stop Narkoba Menuju Lapas/LPKA Bersinar.

Dalam pelaksanaan Deklarasi Stop Narkoba Menuju Lapas/LPKA Bersinar di Wilayah Wonosari, Kepala BNNP DIY, Brigjen Andi Fairan menyampaikan statement untuk Lapas/Rutan/LPKA di Wilayah Yogyakarta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button