Nusantara

Lampung Kembangkan Budidaya Bandeng Air Laut

INDOPOSCO.ID – Salah seorang pembudidaya ikan di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, Tohadi mengembangkan budi daya ikan bandeng air laut di keramba miliknya.

“Uji coba budi daya ikan bandeng air laut sudah saya lakukan selama satu tahun terakhir,” kata Tohadi, di Bandarlampung, Minggu (19/9).

Ia mengatakan bahwa dalam uji coba budi daya ikan bandeng air laut ini tidak ada hal yang terlampau sulit atau aneh, sebab fisik dari ikan yang biasa hidup di air tawar itu cukup bagus dan kuat.

Namun begitu, Tohadi yang telah berkecimpung dalam budi daya ikan dan lobster sejak tahun 2005 itu menjelaskan bahwa kendala yang dihadapinya dalam budi daya ikan bandeng air laut ini pada bahan baku pakan.

“Bandeng ini ikan untuk dikonsumsi masyarakat umum dengan harga Rp25.000 – Rp30.000 per kilogram, nah biaya pakannya ada di kisaran Rp5.000 – Rp10.000 yang murah dan mahal Rp15.000 – Rp20.000, jadi dengan biaya pakan itu terkadang biaya operasional tidak tertutup,” kata dia.

Ia pun menjelaskan bahwa dalam melakukan budi daya ikan bandeng air laut kunci utamanya berada pada pemilihan bibit ikan yang akan dibeli karena sejauh ini angka kematian ada di waktu ikan masih kecil.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button