Nusantara

Di Ketinggian 803-915 Mpdl, BNN Temukan 12 Ribu Pohon Ganja

INDOPOSCO.ID – Setelah menggelar operasi di wilayah Aceh, Badan Narkotika Nasional (BNN) RI lalu bergeser ke wilayah Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Desa Rao-Rao Dolok, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Di wilayah tersebut, Tim Gabungan BNN RI yang berjumlah 134 personel menemukan dan memusnahkan tiga titik ladang ganja dengan total seluas dua hektare (ha).

Direktur Narkotika BNN RI Brigjen Pol Aldrin Hutabarat merinci luasan ladang ganja di antaranya titik pertama seluas 8.000 m2, disusul titik kedua sekitar 5.000 m2, dan titik ketiga 7.000 m2.

”Secara geografis, untuk ladang pertama berada di ketinggian 877 meter di atas permukaan laut (mdpl). Berikutnya, ketinggian ladang sekitar 803 mdpl, dan ladang ketiga 915 mdpl,” jelasnya usai memimpin operasi pemusnahan ladang ganja, Selasa (24/8/2021).

Lantaran medan yang cukup berat, operasi yang mulai sejak pagi hari akhirnya baru selesai menjelang malam hari. Bagaimana dengan ketinggian tanaman? Aldrin menerangkan, ketinggian tumbuhan ganja bervariatif berkisar 30-180 centimeter (cm). Kemudian untuk jarak tanam antara 20-50 cm per batang. ”Jumlah tanaman sekitar 12.000 pohon dengan berat basah tanaman sebesar enam ton,” terangnya.

Aldrin menerangkan kronologis penemuan ladang ganja di Madina. Pada 17 Agustus 2021, tim BNN RI melaksanakan penyelidikan terhadap adanya dugaan penanaman ganja di kawasan Desa Rao-Rao Dolok. Setelah dilaksanakan penyelidikan pada lokasi tersebut, tim berhasil menemukan tiga lokasi ladang ganja. Atas penemuan tersebut, maka pada hari itu juga tim melaksanakan pemusnahan ladang ganja.

Lantas bagaimana dengan pelaku? Aldrin mengatakan, sampai dengan saat ini masih belum ada tersangka. Meski demikian, pihaknya masih melaksanakan penyelidikan terkait siapa yang menanam tanaman ganja tersebut. ”Untuk pelaku dapat dijerat Pasal 111 Ayat (2) Undang-Undang No 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup,” jelas perwira tinggi bintang satu tersebut.

Tim Bnn Ri Dalam Apel Penutupan Operasi Pemusnahan Ladang Ganja Menjelang Malam. Foto : Ist/Bnn
Tim Bnn Ri Dalam Apel Penutupan Operasi Pemusnahan Ladang Ganja Menjelang Malam. Foto : Ist/Bnn

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button