Nusantara

Tidak Darurat, Sejumlah Operasi di RS Bandarlampung Ditunda

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kota Bandarlampung menyatakan bahwa sejumlah rumah sakit di kota itu terpaksa menunda pelaksanaan operasi yang sifatnya tidak darurat karena khawatir akan kehabisan tabung oksigen untuk pasien yang sangat memerlukan.

“Informasi yang saya dapatkan beberapa rumah sakit menunda operasi kecil, tapi untuk operasi besar atau yang sifatnya mendesak tetap dilakukan,” kata Wakil Wali Kota Bandarlampung Deddy Amarullah, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengungkapkan bahwa kebijakan tersebut diambil oleh pihak rumah sakit, sebab saat ini oksigen sangat diperlukan, sehingga bila mereka menggunakannya secara bebas maka ditakutkan akan kekurangan.

“Mereka keluhkan oksigen sangat diperlukan, jadi takut kekurangan, sehingga operasi yang tidak terlalu mendesak ditunda dulu sebab operasi butuh oksigen. Nah, , rumah sakit takut kekurangan oksigen untuk pasien-pasien yang memang sangat membutuhkan oksigen,” kata dia.

Terkait ketersediaan stok tabung oksigen itu, ia mengatakan bahwa berdasarkan informasi dari seluruh rumah sakit, pasokan dari distributor masih cukup.

“Tadi kita ada rekanan juga yang menjamin ketersediaan tabung oksigen, insyaallah tidak sampai kekosongan,” kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Edwin Rusli menegaskan bahwa ketersediaan tabung oksigen di rumah sakit rujukan COVID-19 masih cukup hingga kini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button