Nusantara

Maksimalkan DBHCHT, Bea Cukai Gencarkan Koordinasi Pemda

INDOPOSCO.ID – Menindaklanjuti Peraturan Menteri Keuangan No 206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Bea Cukai di berbagai daerah gencar melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

Kepala Seksi Humas Bea Cukai, Sudiro menjelaskan bahwa DBHCHT merupakan bagian dalam APBN yang ditransfer kepada daerah provinsi penghasil cukai dan/atau provinsi penghasil tembakau. Kemudian dana tersebut akan dialokasikan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat (50%), penegakan hukum (25%), dan kesehatan (25%). “Perlu koordinasi yang baik antara Bea Cukai, Pemda dan beberapa instansi terkait, untuk itu kita akan terus berkomunikasi, seperti yang dilakukan beberapa unit vertikal kami, diantaranya Bea Cukai Ketapang, Jogja, Magelang, Banyuwangi dan Pasuruan,” ujarnya.

Pada Jumat (11/06), Bea Cukai Ketapang melakukan koordinasi terkait penggunaan DBHCHT dengan Pemkab Kayong Utara. Koordinasi tersebut dilaksanakan guna optimalisasi penggunaan DBHCHT untuk mendanai berbagai program yang telah diamanatkan dalam PMK No 206/PMK.07/2020 khususnya di wilayah Kabupaten Kayong Utara.

Dari Yogyakarta, Bea Cukai Jogja (Bejo) menghadiri undangan dari Pemkab Sleman dalam rangka koordinasi terkait pemanfaatan DBHCHT. Koordinasi ini dilakukan mengingat wewenang Bea Cukai untuk menetapkan data capaian kinerja penerimaan cukai pemerintah daerah sebagai salah satu dasar perhitungan DBHCHT yang diberikan kepada Dirjen Perimbangan Keuangan. Bejo juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Sleman yang mau berkoordinasi demi pemanfaatan DBHCHT di Kabupaten Sleman yang optimal dan tepat sasaran.

Selanjutnya dari Purworejo, Bea Cukai Megelang berkoordinasi dengan Pemkab Purworejo terkait pemanfaatan DBHCHT tahun anggaran 2020, pada Selasa (15/06). Dihadiri beberapa instansi lain seperti Satpol PP dan Damkar, kegiatan ini bertujuan untuk membantu Bea Cukai menekan peredaran barang kena cukai (BKC) ilegal lewat pemanfaatan DBHCHT dari sektor penegakkan hukum. Satpol PP Purworejo menyampaikan pihaknya akan fokus untuk kegiatan door to door ke pabrik yang memproduksi rokok, maupun ke warung yang menjual rokok untuk melakukan pendataan sekaligus sosialisasi tentang rokok yang boleh beredar di masyarakat

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button