Nusantara

Tak Hadir Acara Sakral Seba Baduy, Ketua DPRD Sindir Gubernur Banten

INDOPOSCO.ID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten Andra Soni, menyindir Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) yang tidak menghadiri acara sakral Seba Baduy di Pendopo Lama Gubernur Banten.

Hal itu diungkap pada saat menyampaikan sambutannya untuk menyerap aspirasi masyarakat Baduy. Dalam mengawali sambutan, politisi Gerindra itu bercerita keinginannya yang kencang untuk bertemu kokolot Baduy.

Namun, sebelum berangkat ke acara Seba, Andra mendapat kabar bahwa Gubernur Banten Wahidin Halim tidak akan hadir dalam acara tersebut. Sehingga, pihaknya disarankan agar tidak datang juga. Namun saran itu ditolak mentah-mentah, karena kedatangannya dalam acara Seba ingin bertemu dengan warga Baduy, bukan dengan Gubernur Banten.

“Saya merinding hari ini, saya kepingin datang. Lalu disampaikan ‘pak gak usah datang karena pak gubernur gak datang’, tapi saya ingin bertemu warga Baduy, saya ingin memdengar langsung anspirasi,” katanya, Sabtu (22/5/2021).

Ia menuturkan, pertemuan dengan warga Baduy bagian pengalaman yang sangat berharga. Andra mengaku belajar tentang konsistensi dalam menjalankan amanah dari warga Baduy. Seperti menjaga kelestarian alam dan patuh pada pemerintahan yang sah.

“Ini pengalaman buat saya, selama ini hanya membaca. Ternyata masyarakat Baduy tetap konsisten menjalankan fungsi mereka sebagai masyarakat adat, kemudian menjakankan amanah dari pada leluhurnya untuk mendukung pemerintah dengan memberikan masukan kepada pemerintah,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button