Nusantara

BPK Ingatkan Pemda-Pemda Jangan Hanya Fokus Kejar Penyerapan Anggaran

INDOPOSCO.ID – Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Harry Azhar Azis mengingatkan pemerintah daerah (Pemda) dalam menggunakan anggaran tidak hanya mengejar angka serapan namun memanfaatkannya untuk kesejahteraan salah satunya dengan meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).

“Salah satu yang menjadi kepedulian saya dalam mendorong peningkatan IPM adalah di bidang pendidikan,” kata Harry Azhar Azis seperti dikutip Antara saat bersilaturahmi bersama keluarga besar Majelis Wilayah Korps Alumni HMI (MW KAHMI) Provinsi Kalbar di rumah dinas Wali Kota Pontianak, Kamis (20/5/2021) malam.

Mantan Ketua Badan Anggaran DPR RI ini mengaku berasal dari keluarga tidak mampu namun dengan bersekolah dan menempuh pendidikan tinggi maka ia dapat mencapai posisi seperti saat sekarang. “Karena pengaruh pendidikan di IPM ini, bersifat jangka pendek dan jangka panjang,” kata Harry.

Ia pun mendorong kepala daerah untuk mengalokasikan anggaran khusus bagi siswa atau siswi terutama dari kalangan tidak mampu yang berprestasi agar menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

“Misalnya menganggarkan Rp5 miliar sampai Rp10 miliar di luar alokasi yang sudah ada,” ujar dia.

Ia tidak memungkiri selama ini yang menjadi salah satu penilaian terhadap anggaran daerah adalah tingkat serapan. “Bukan melihat manfaat dari anggaran tersebut untuk kesejahteraan daerah,” kata dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button