Nusantara

Ribuan Ton Batubara Hilang Dicuri Penambang Liar

INDOPOSCO.ID – Ribuan metrik ton batubara barang bukti hasil pertambangan liar (peti) yang berada di wilayah Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) PT Antang Gunung Meratus (AGM) diduga dicuri penambang liar.

Kuasa Hukum PT AGM Suhardi mengatakan barang bukti batubara saat tim satgas patroli rutin tanggal 8 Mei masih ada, dan sampai terakhir Ramadhan, tanggal 12 Mei, gunungan batubara masih ada.

“Tepat Idul Fitri tanggal 13 Mei ada informasi batubara yang sudah diberi garis polisi penyidik Polres Banjar sudah diangkut dan sehari kemudian saat didatangi tiga security mereka dihadang puluhan orang,” ujarnya dilansir dari Antara, Senin (17/5/2021).

Berita Terkait

Menurut dia, aksi pencurian yang diduga melibatkan 40 orang pelaku itu dilakukan saat Tim Satgas Peti sedang cuti dan personel Pengamanan Objek Vital (Pamobvit) Polda Kalsel ditarik ke Polda untuk pengamanan lebaran.

“Diduga, pencurian memanfaatkan momen lebaran karena satgas dan personel kepolisian cuti sehingga puluhan orang yang terlibat pencurian leluasa mengangkut batubara barang bukti itu,” ucapnya.

Kepala Unit I Pengamanan Objek Vital (Pamobvit) Polda Kalsel Rokhim S mengatakan, personel Polri sesuai perintah Mabes Polri sejak 12-16 Mei 2021 standby di Mako mengantisipasi sebelum dan pascalebaran.

“Hari ini, kami patroli lagi melakukan pengawasan, dan ternyata memang benar barang bukti batubara yang di beri police line Polres Banjar sudah tidak ada lagi di lokasi dan hanya tinggal sisa-sisa batubara,” sebutnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button