Nusantara

MUI Jember Imbau Warga Shalat Id di Rumah

INDOPOSCO.ID – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jember KH Abdul Haris mengimbau masyarakat untuk menjalankan shalat Id di rumah, sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah setempat karena Kabupaten Jember berada pada zona oranye atau daerah yang memiliki risiko sedang penyebaran Covid-19.

“Saya tegaskan bahwa shalat Id itu adalah sesuatu yang sunnah, sedangkan menjaga dan menghindari penyakit itu sesuatu yang wajib, sehingga menghindari penyakit itu wajib diutamakan daripada melakukan sesuatu yang sunnah,” kata KH Abdul Haris seperti dikutip Antara, Minggu (9/5/2021).

Dalam konteks agama Islam, lanjutnya, ilmu itu sangat dihargai, sehingga ketika ilmuwan, akademisi, dokter dan spesialis mengatakan bahwa Covid-19 masih ada dan perlu diwaspadai, maka itu harus dijadikan pegangan untuk berkebijakan dalam masalah keagamaan, termasuk bagaimana menjalankan shalat Id saat pandemi.

“Dalam kaidah ilmu fikih menyebutkan bahwa menolak kemafsadatan (kerusakan) itu harus lebih diutamakan dibandingkan menarik kemaslahatan (kebaikan),” ucap Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar itu.

Ia mengatakan umat Islam sebaiknya mengikuti anjuran pemerintah dalam menyelenggarakan Shalat Id pada masa pandemi sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 07 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat IdulFitri Tahun 1442 Hijriyah / 2021 Masehi di tengah pandemi Covid-19.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button