Nusantara

Abuya Uci Terkenal Dekat dengan Sosok Gus Dur

INDOPOSCO.ID – Ulama kharismatik asal Tangerang, Banten, Abuya KH Uci Thurtusi atau lebih dikenal dengan Abah Uci meninggal dunia.

Kabar duka tersebut disampaikan Gubernur Banten Wahidin Halim lewat akun media sosialnya (Facebook). Gubernur Wahidin Halim menyampaikan turut berdukacita.

“Innalillahi wa Inna ilahi raji’un. Turut berdukacita atas wafatnya Guru Besar Almarhum Abuya Uci Turtusi, pimpinan Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah. Semoga Allah SWT menerima seluruh amal kebaikannya, mengampuni segala dosanya dan ditempatkan di surganya Allah SWT. Amiin,” tulis Wahidin Halim, Selasa (6/4/2021).

Ucapan turut berdukacita juga disampaikan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy. Melalui media sosial resminya, Andika mengucapkan bela sungkawa.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.Turut Berdukacita yang mendalam atas meninggalnya guru kami Abuya Uci Turtusi. Semoga Amal Ibadah Beliau Diterima Allah SWT,” tulis Andika dikutip Selasa (6/4/2021).

Mengutip dari website https://banten.nu.or.id, Abuya Uci sangat dekat dengan sosok Gus Dur. Kedekatannya itu dibuktikan dari sikap dua ulama ini yang saling mendukung dalam hal penguatan ilmu agama dan akidah umat Muslim di Indonesia.

Semasa hidup, Gus Dur beberapa kali mengisi pengajian di pesantren Cilongok. Selain Gus Dur, ulama yang juga dekat dengan Abuya Uci adalah Habib Maulana Lutfi bin Yahya yang saat ini tinggal di Pekalongan, Jawa Tengah.

Guru Besar dan seorang pengasuh sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren dan Majelis Ta’lim Al-Istiqlaliyyah di Kampung Cilongok, Desa Sukamantri Pasar Kemis, Tangerang, Banten ini dalam ceramahnya selalu konsisten menggunakan bahasa Sunda.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button