Nusantara

Abu Vulkanik Gunung Raung Mulai Menurun

INDOPOSCO.ID – Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung mencatat aktivitas vulkanik gunung api yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, Jawa Timur itu kini mulai menurun.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung Mukijo di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu mengatakan material abu vulkanik sudah tidak keluar secara terus menerus dan kegempaan juga sudah dominan pada amplitudo 1 mm serta suara gemuruh dan pantulan cahaya api juga menurun.

“Asap kawah bertekanan lemah, teramati berwarna kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang, dan tinggi 300-500 meter di atas puncak kawah,” katanya seperti dikutip Antara.

Selain itu, lanjut dia, abu vulkanik yang keluar dari Gunung Raung terpantau tipis hingga sedang, sedangkan arah angin membawa abu ke timur dan timur laut.

Ia menjelaskan bahwa abu vulkanik Gunung Raung saat ini hanya keluar sesekali saja dan abu hanya keluar dengan durasi waktu yang tidak bisa dipastikan, termasuk pantulan cahaya api dari asap tidak lagi nampak dan suara gemuruh juga tidak terdengar.

“Paling tidak setengah jam sekali, suara gemuruh sudah tidak terdengar lagi. Begitu juga cahaya api sudah tidak tampak lagi sejak tadi malam,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button