Nusantara

Tambang Emas Ilegal di Sulteng Kembali Marak

INDOPOSCO.ID – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola mengatakan sangat prihatin melihat lokasi Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang terletak di wilayah Dongi-Dongi, Kabupaten Poso sudah kembali ramai diserbu para penambang.

“Saya tadi ketika lewat di pintu masuk lokasi PETI Dongi-Dongi, banyak sekali kendaraan roda dua dan empat yang parkir di kiri dan kanan jalan raya,” katanya di lokasi obyek wisata Danau Tambing pada Sabtu (13/2/2021).

Gubernur Longki mengatakan juga melihat ada banyak potongan kayu di depan rumah milik warga yang ada di pintu masuk ke lokasi PETI Dongi-Dongi.

Sepertinya, kata dia, PETI Dongi-Dongi sudah kembali ramai.

“Buktinya, banyak sekali kendaraan di parkir di pinggir jalan dan saya melihat plat normor kendaraan ada DD dan DB. Itu ‘kan kendaraan dari daerah tetangga kita Sulsel dan Sulut,” kata Gubernur seperti dilansir Antara.

Dia mengaku telah banyak menerima laporan dari masyarakat termasuk soal PETI Dongi-Dongi. “Dan semua laporan masyarakat itu sudah diteruskan kepada pihak berwajib yaitu Polda Sulteng dan kemana-mana,” ujar Gubernur Longki.

Jika kawasan itu benar-benar dijaga dengan baik, tidak mungkin penambang berani untuk melakukan kegiatan.

Sayang sekali, kata dia, beberapa waktu lalu, kita sudah menanam banyak pohon di areal lokasi eks PETI Dongi-Dongi agar kawasan tersebut tidak lagi dijadikan tempat untuk menambang emas.

“Saya ‘kan ikut menanam pohon di lokasi itu. Ya sekarang ini pasti sudah tidak ada lagi pohon-pohon yang ditanam waktu lalu,” kaanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button