Nasional

Bea Cukai Buka Ruang Diskusi bersama Pengguna Jasa Kawasan Berikat

INDOPOSCO.ID – Sebagai industrial assistance, Bea Cukai secara konsisten memberikan asistensi dan membuka ruang diskusi dengan pengguna jasa. Hal tersebut tecermin dari kegiatan lawatan kerja yang dilaksanakan oleh Bea Cukai Bekasi dan kegiatan Coffee Morning yang dilaksanakan oleh Bea Cukai Teluk Bayur.

Bea Cukai Bekasi meninjau langsung PT Patco Elektronik Teknologi pada Selasa (19/11) untuk memastikan kewajiban perusahaan sebagai pengguna fasilitas kawasan berikat telah terpenuhi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kegiatan lawatan kerja tersebut dilaksanakan untuk memeriksa penggunaan teknologi informasi berbasis komputer atau IT inventory perusahaan.

Sebagai pengusaha kawasan berikat, pemilik PT Patco Elektronik Teknologi wajib mendayagunakan teknologi informasi untuk pengelolaan pemasukan dan pengeluaran barang (IT inventory). IT inventory merupakan subsistem dari sistem informasi akuntansi yang akan menghasilkan informasi laporan keuangan yang dapat diakses oleh petugas Bea Cukai dan petugas dari Direktorat Jenderal Pajak untuk kepentingan pemeriksaan dan/ atau pengawasan pemenuhan kewajiban perpajakan.

“Pola pengawasan dengan menggunakan teknologi informasi mampu mendukung peran pemerintah untuk melakukan penyederhanaan prosedur dalam pemberian fasilitas fiskal. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan kerja sama dari pelaku usaha agar senantiasa memenuhi kewajiban sebagai penerima fasilitas,” ujar Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Budi Prasetiyo.

Sementara itu, Bea Cukai Teluk Bayur mengadakan diskusi bersama dengan pengguna jasa dalam acara bertajuk Coffee Morning, pada Jumat (15/11). Diskusi tersebut diikuti oleh empat perusahaan kawasan berikat di bawah pengawasan Bea Cukai Teluk Bayur, yaitu PT Padang Raya Cakrawala, PT Wira Inno Mas, PT Wilmar Nabati Indonesia, dan PT Usaha Inti Padang.

Coffe Morning merupakan sarana komunikasi yang digelar oleh Bea Cukai Teluk Bayur untuk membangun hubungan baik dengan pengguna jasa, sehingga ke depan tidak timbul masalah atau kesalahpahaman antara pihak-pihak terkait. Dalam kegiatan tersebut, perwakilan perusahaan yang hadir dapat menyampaikan kendala, hambatan, dan masukan dalam proses bisnis pelayanan ataupun pengawasan Bea Cukai.

“Asistensi pada pengguna jasa merupakan komitmen Bea Cukai untuk meningkatkan pengawasan dan pelayanan menjadi makin baik. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan komunikasi antara Bea Cukai dengan pengguna jasa,” pungkas Budi. (ipo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button