Nasional

Hasyim Dipecat DKPP, Ketua DPR: Perlu Evaluasi Cari Figur Lebih Baik

INDOPOSCO.ID – Ketua DPR RI Puan Maharani menyayangkan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dipecat dari jabatannya karena kasus asusila. Puan menekankan perlunya evaluasi dalam proses pemilihan figur-figur untuk menjadi komisioner KPU RI ke depan.

“Ya seharusnya tidak terjadi hal-hal seperti ini,” kata Puan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

“Kita harus sama-sama evaluasi dan kita harus cari figur-figur yang mungkin lebih baik dan mekanisme yang ada juga sama-sama kita perbaiki,” sambung Puan.

Meski begitu, Puan menghormati putusan DKPP tersebut. Dia menunggu keputusan presiden (Keppres) pemberhentian Hasyim untuk nantinya ditindaklanjuti penggantiannya oleh DPR RI.

“Ya kami menghormati keputusan DKPP dan nanti, setelah tujuh hari kemudian, Presiden mengeluarkan Keppres pemberhentiannya ya, DPR sesuai mekanismenya, kami proses sesuai dengan mekanisme,” kata dia singkat.

Sebagaimana diketahui, pada sidang kode etik yang berlangsung pada hari Rabu (3/7/2024), DKPP telah mengeluarkan keputusan untuk memberhentikan Hasyim sebagai Ketua KPU usai terbukti melakukan tindakan asusila kepada salah satu anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Pemilu 2024.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button