Nasional

Ombudsman RI Melakukan Investigasi Pelayanan RSUD Praya

INDOPOSCO.ID – Anggota Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Nusa Tenggara Barat melakukan investigasi terhadap pelayanan kesehatan di IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya, Lombok Tengah, pasca kasus dugaan bayi yang meninggal akibat keterbatasan fasilitas pelayanan di rumah sakit setempat.

“Agendanya lebih pada koordinasi terkait dengan hasil investigasi atas kejadian bayi yang meninggal yang dibawa ke RSUD Praya,” kata Ketua Tim Investigasi Ombudsman Perwakilan NTB, Arya Wiguna usai bertemu dengan Wakil Bupati Lombok Tengah di kantor bupati setempat, Rabu (36/10).

Ia mengatakan, hasil investigasi yang telah dilakukan beberapa hari ini, pihaknya memiliki beberapa catatan untuk dijadikan bahan evaluasi bagi pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di IGD RSUD Praya yang selama ini menjadi keluhan termasuk dengan adanya kasus bayi yang meninggal tersebut. Pemerintah daerah telah sepakat untuk melakukan perbaikan peningkatan pelayanan di RSUD Praya.

“Pelayanan kesehatan memang menjadi atensi pemerintah daerah dalam rangka mencegah kasus kematian bayi dan ibu melahirkan yang saat ini cukup tinggi,” katanya.

Dalam kasus bayi yang meninggal tersebut, pihaknya lebih fokus melakukan investigasi pada persoalan pelayanan administrasi dan standar operasional prosedur (SOP) sesuai dengan peraturan kementerian kesehatan Nomor 47 Tahun 2018 tentang Pelayanan Kegawatdaruratan. Selain itu, pasien tersebut tidak ada rekam medis yang dicatat oleh tenaga kesehatan yang melakukan pelayanan, karena sesuai Kemenkes wajib ada catatan pelayanan medis yang diberikan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button