Nasional

Segera Tuntas, Bendungan Semantok Karya Brantas Abipraya Jadi yang Terpanjang di Asia Tenggara

INDOPOSCO.ID – Bendungan selama ini menjadi salah satu jenis infrastruktur yang memegang peran besar bagi lingkungan. Memiliki peran penting mulai dari pencegah atau pengendali banjir, sarana pengairan atau irigasi persawahan di lingkungan sekitar, hingga sarana pendukung untuk infrastruktur pembangkit listrik layaknya PLTA.

Memperkuat ketahanan air dan pangan nasional, PT Brantas Abipraya (Persero) targetkan menuntaskan pembangunan Bendungan Semantok yang masuk sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) pada akhir tahun ini. Bendungan Semantok yang berlokasi di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur ini bakal menjadi bendungan terpanjang se-Asia Tenggara.

“Bendungan ini dibuat sebagai penyedia air baku dan telah dilakukan pengisian awal (impounding) pada Juni lalu. Selain sebagai penyedia air baku sebesar 312 liter per detik, bendungan dengan volume tampung 32,67 juta meter kubik ini dapat memasok air untuk irigasi sawah seluas 1.900 hektar,” ujar Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, Miftakhul Anas.

Baca Juga : Brantas Abipraya Tata Kota Lama Kesawan Medan, Siap Jadi Tujuan Wisata Heritage

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button