Nasional

ISACA: Keamanan Data Pribadi Tanggungjawab Semua Pihak

INDOPOSCO.ID – Asosiasi profesi IT ISACA (Informastion System Audit and Control Association) Indonesia menegaskan bahwa keamanan data di dunia yang semakin terhubung dan digital merupakan tanggung jawab seluruh pihak, termasuk pengguna internet.

“Memang ini menjadi tantangan besar ya buat kita semua. Karena memang pengelolaan data itu sendiri tidak hanya di satu pihak,” kata Vice President ISACA Indonesia Harun Al Rasyid saat dijumpai di Jakarta Pusat, Rabu.

“Kadang semua orang melihat ke unit TI, unit IT gitu ya. Seakan akan mereka yang bertanggung jawab atas kebocoran data. Padahal, namanya sistem elektronik itu titiknya banyak sekali. Tidak hanya dari TI tapi juga user,” tambahnya.

Baca Juga : Transformasi Digital dan Inovasi Teknologi Buka Loker di China

Lebih lanjut, Harun juga menjelaskan bahwa mengunduh aplikasi tidak dikenal, membuka link atau menjawab pesan tidak dikenal merupakan salah satu hal yang dapat mengakibatkan kebocoran data.

“Mungkin banyak banget teknik-teknik hacking atau pembobolan data, pembobolan sistem segala macam itu trigger-nya dari user saat mereka men-download sesuatu yang tidak dikenal, saat membuka link yang tidak dikenal, saat mereka menjawab chat atau email dengan ceroboh,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button