Nasional

Indonesia Bisa Memainkan Peran Memersuasi Pemimpin Dunia di G20

INDOPOSCO.ID – Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebutkan Indonesia ketika penyelenggaraan G20 sangat bisa memainkan peran untuk memersuasi pemimpin dunia untuk sama-sama menjaga dunia agar lebih aman.

“Indonesia sangat bisa memainkan peran sebagai smart and honest persuader. Ini tradisi politik kita (Indonesia) dari dulu,” kata SBY dalam forum diskusi yang digelar Yudhoyono Institute, di Jakarta, Kamis (13/10).

Pada diskusi bertema “Geopolitik dan Keamanan Internasional, Ekonomi Global dan Perubahan Iklim” itu, SBY mendoakan agar Presiden Joko Widodo dan jajaran pemerintahan dapat mendayagunakan dengan baik kesempatan terbaik tersebut.

Berita Terkait

Baca Juga : Transformasi Digital dan Inovasi Teknologi Buka Loker di China

“Untuk memersuasi pemimpin dunia agar semua menjadi part of solution untuk membikin dunia dan bumi kita lebih aman di masa depan,” kata dia, dikutip dari Antara.

G20 menurut SBY tentu bisa untuk menyerukan agar forum itu benar-benar digunakan para pemimpin dunia yang hadir guna mengatasi masalah dunia.

“Diperlukan jiwa besar dan kesediaan menurunkan ego masing-masing dari para pemimpin dunia yang tengah berhadap-hadapan, yang tengah terlibat dalam konflik,” kata dia.

SBY mengajak agar para pemimpin dunia untuk lebih mengedepankan bagaimana sama terlihat mengatasi masalah dunia, bukan sebaliknya hanya memikirkan persaingan menang kalah antara negara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button