Nasional

Keren! Pelajar di Bali Gunakan Virtual Reality untuk Belajar

INDOPOSCO.ID – Siswa SMA Negeri 4 Denpasar, Bali, kini mulai menggunakan teknologi kacamata Virtual Reality (VR) untuk proses pembelajaran, setelah sebelumnya mendapat fasilitas tersebut dari Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Kominfo.

“Diawali dengan pelatihan-pelatihan, kebetulan penerapan teknologi diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Jadi dari kementerian memanggil lima orang guru, setelah proses berlangsung dari sekian sekolah kita yang dikunjungi bersama SMKN 1 Denpasar dan diberikan hadiah kacamata,” kata Kepala Sekolah SMAN 4 Denpasar I Made Sudana.

Di Denpasar, Selasa, Sudana mengungkapkan rasa senang atas pemberian teknologi imersif tersebut, sebagai salah satu sekolah penggerak di Bali, ia menyatakan pentingnya untuk mengikuti perkembangan teknologi pada proses pembelajaran.

“Kalau kita tidak mengikuti perkembangannya, kita akan digilas teknologi. Kalau misalnya laptop, itu sudah dari zaman Kurikulum 13 sudah kita terapkan, ditambah SMAN 4 Denpasar ini sekolah penggerak, di isana menekankan sekolah penggerak jadi katalisator untuk sekolah lain, dengan dasarnya teknologi,” ujarnya, seperti dikutip Antara, Selasa (11/10/2022).

Saat ini, salah satu sekolah favorit di Kota Denpasar itu telah mengantongi 10 buah kacamata Virtual Reality, yang digunakan secara bergilir untuk seluruh siswa, dengan metode belajar berkelompok.

Guru mata pelajaran fisika SMAN 4 Denpasar Dewa Made Yuda Andika yang sekaligus mengomandoi penggunaan kacamata Virtual Reality mengaku tak kesulitan dengan hal itu.

Siswa dalam satu kelas akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil, secara bergilir mereka akan merasakan lingkungan tidak nyata dalam kacamata VR yang dihubungkan dengan telepon pintar berbasis android milik masing-masing.

“Terkait kendala tidak terlalu, karena itu digunakan dengan mobile base (berbasis seluler). Kita bisa menggunakan smartphone anak-anak, karena kalau kita perhatikan sudah sebagian besar memiliki smartphone berbasis android,” kata Yuda.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button