Nasional

Keppres Pemecatan Sambo Bukti Keseriusan Presiden

INDOPOSCO.ID – Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso menyatakan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) atas Ferdy Sambo merupakan bukti keseriusan Presiden Joko Widodo.

“Keseriusan itu ditunjukkan dengan kecepatan membuat keppres, nah ini keseriusannya. Ini menunjukkan bahwa Presiden serius dalam membuat surat pemberhentian dengan tidak hormat,” kata Sugeng seperti dikutip Antara, Sabtu (1/10/2022).

Sugeng menyatakan berdasarkan ketentuan hukum pemberhentian perwira tinggi Polri jadi kewenangan presiden sebagaimana tertuang dalam Pasal 57 Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia, presiden dilibatkan dalam pemberhentian perwira tinggi Polri.

“Pembuat surat keputusan pemberhentian dalam bentuk surat keppresnya itu adalah kewenangan presiden. Jadi bukan hanya kepada Ferdy Sambo tetapi kepada yang lain juga,” ujarnya.

Sugeng menjelaskan, Presiden memutuskan mengeluarkan keppres pemberhentian tidak dengan hormat kepada Ferdy Sambo itu, dasarnya adalah hasil putusan komisi banding kode etik kepolisian.“Jadi dasarnya itu, dan Presiden hanya menindaklanjuti.

Baca Juga: Polri Limpahkan Tersangka Ferdy Sambo Dkk ke Kejaksaan Pekan Depan

Menurutnya, Presiden sangat serius dalam kasus ini, bahkan sebelum meneken surat tersebut, beliau sudah mendorong, bahkan empat kali bicara supaya kasus itu segera diungkap, jangan ada yang ditutup-tutupi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button