Nasional

Peringati Hari Rabies Sedunia, Kementan Laksanakan Vaksinasi Hewan Gratis

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) perkuat pengendalian Rabies di Provinsi Bali dengan melakukan gerakan vaksinasi hewan secara massal. Gerakan ini dilaksanakan bertepatan pada peringatan Hari Rabies Sedunia.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Jenderal Kasdi Subagyono mengatakan gerakan vaksinasi massal di Bali dilakukan untuk memastikan di wilayah KTT G20 Hewan Penular Rabies (HPR) tervaksin.

“Hari Rabies Sedunia merupakan momentum untuk memberikan peringatan kepada masyarakat dan kita semua dipemerintahan untuk senantiasa mengendalikan penyakit ini karena memang penyakit ini sangat berbahaya,” kata Kasdi pada acara World Rabies Day yaitu: ”Rabies: One Health Zero Deaths”,di Tabanan, Bali, Kamis (29/9/2022).

Kasdi mengatakan rabies merupakan penyakit zoonosis yakni penyakit bisa menular dari hewan ke manusia. Untuk itu, guna mengurangi dan mencegah kasus kematian akibat rabies pada manusia, maka Kementan terus melakukan koordinasi lintas sektor dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait lainnya diantaranya kerjasama dengan World Organisation for Animal Health (WOAH), Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-bangsa (FAO)

“Dan mitra kerja bilateral seperti Australia juga kita lakukan. Upaya ini sudah dilakukan Kementerian Pertanian bersama seluruh pemerintah daerah utamanya saat ini adalah pemerintah Bali karena Bali merupakan salah satu central penyebaran Rabies juga,” kata Kasdi.

Kasdi menyampaikan pengendalian rabies harus dilakukan dengan masif. Kementan bahkan sudah menyusun road map untuk pengendalian rabies.Tidak hanya itu, rabies juga sangat strategis dan penting didukung dengan program baik.

“Saya mengajak semua untuk bisa bahu membahu memberantas rabies secara berkesinambungan,” terang Kasdi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button