Nasional

LPDB-KUMKM Dukung Sinergi KemenKopUKM-Dekranas

Berdayakan UMKM Kriya lewat Koperasi

INDOPOSCO.ID – Kolaborasi antara Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) dengan Lembaga Layanan Pemasaran KUKM (Smesco Indonesia), Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI), WhatsApp Indonesia, dan UKM Indonesia, mendukung penuh Sinergi Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Bidang Pendanaan pada gelaran acara Cerita Kriya bertajuk Perajin Berdaya, Indonesia Bangkit yang diselenggarakan di Gedung Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua, Bali, Kamis (8/9).

Target kolaborasi dan sinergi tersebut adalah mengembangkan UMKM daerah dari mulai perajin di bidang kriya, wastra, dan penyandang disabilitas, agar terhubung ke dalam ekosistem bisnis dari hulu ke hilir. “Untuk mewujudkan itu, kita harus bersinergi, tidak bisa jalan sendiri-sendiri,” kata Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo, usai acara.

Dalam acara yang dihadiri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM) Teten Masduki dan Ketua Umum Dekranas Pusat Wury Ma’ruf Amin ini, menghadirkan aneka program dan kegiatan. Mulai dari perluasan akses program KUR, dana bergulir dari LPDB-KUMKM, pendampingan untuk pengembangan kapasitas pelaku UMKM di bidang manajerial SDM, business matching UKM anggota koperasi, pembuatan NIB bagi pelaku usaha mikro, hingga peluncuran chatbot WhatsApp Tumbuh JagoWAn.

“Kita memilih Bali sebagai pusat kegiatan tersebut, merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap upaya agar Pulau Dewata pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” terang Supomo.

Lebih dari itu, lanjutnya, LPDB-KUMKM akan turut menjadi pilar program ini dengan penguatan ekosistem bisnis kriya melalui koperasi.

“LPDB-KUMKM akan terus melakukan perkuatan permodalan kepada koperasi-koperasi yang juga mengayomi subsektor kriya di Bali,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button