Nasional

Regulasi Perlindungan Data Penting untuk Proteksi Pengguna Tekfin

INDOPOSCO.ID – Ketua Umum Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) Pandu Sjahrir menyebutkan regulasi perlindungan data pribadi yang saat ini masih berupa rancangan Undang-Undang (RUU) penting untuk segera direalisasikan agar masyarakat Indonesia sebagai pengguna layanan tekfin bisa mendapatkan proteksi lebih baik.

“Sebentar lagi kan ada Undang-Undang soal Privasi dan perlindungan data. Itu bagus kok untuk menjaga ini semua (pengguna dalam ekosistem tekfin),” kata Pandu saat ditemui di Jakarta Pusat, seperti dikutip Antara, Kamis (25/8/2022).

Di samping menanti regulasi disahkan oleh DPR, Pandu mengharapkan agar para pengembang layanan tekfin yang kini ada di Tanah Air bisa tetap menjaga kepercayaan masyarakat dengan terus meningkatkan keamanan dari segi teknologinya.

Berita Terkait

Apalagi melihat statistik bahwa kini pengguna layanan keuangan digital terus meningkat sejak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kominfo Minta Keterangan PLN Soal Data Bocor

Bank Indonesia dalam laporan terbarunya mengungkapkan terjadi peningkatan nilai transaksi uang elektronik (UE) pada Juli 2022 sebesar 39,76 persen (yoy) menjadi Rp35,5 triliun.

Pesatnya pertumbuhan transaksi itu menunjukkan masyarakat semakin percaya dengan kinerja layanan keuangan digital tak terkecuali yang dikelola oleh para penyedia layanan tekfin.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button