Nasional

Digitalisasi Perkuat Resiliensi, Menkominfo: Indonesia Pulih Lebih Cepat

INDOPOSCO.ID – Percepatan transformasi digital yang berlangsung selama pandemi Covid-19 menjadi salah satu penopang pemulihan perekonomian nasional. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan, resiliensi bangsa juga ditunjukkan dari bangkitnya sektor ekonomi digital yang menjadi salah satu kunci kekuatan ekonomi Indonesia.

“Digitalisasi UMKM sebagai penyokong ekonomi bangsa menjadi salah satu kunci dari pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,44 persen (year on year/y-o-y) di kuartal dua tahun ini,” jelasnya saat memberikan amanat dalam Upacara Peringatan Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022).

Menurutnya, tahun 2020 yang lalu, ketika pandemi mulai menghantam dunia, sektor informatika dan komunikasi di Indonesia tumbuh positif mencapai 10,61 persen (c-to-c).

“Demikian tahun 2021, sektor ini kembali bertumbuh sebesar 6,81 persen (c-to-c). Pertumbuhan ini diraih karena adanya shifting ke adopsi teknologi secara masif yang menopang sebagian besar kehidupan masyarakat ketika pandemi Covid-19, termasuk di dalamnya sektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi,” tuturnya.

Baca Juga: Kominfo Klaim Telah Take Down Setengah Juta Situs Judi Online

Menkominfo menyatakan pertumbuhan tersebut, juga didukung keberadaan dua decacorn dan sembilan unicorn karya anak bangsa yang diproyeksikan akan terus bertambah seiring akselerasi transformasi digital nasional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button