Nasional

Teleskop Webb Tangkap Gambar Warna-Warni Galaksi Chartwheel

INDOPOSCO.ID – ​Teleskop Luar Angkasa James Webb telah menangkap gambar baru Galaksi Cartwheel yang memperlihatkan cincin warna berputar dalam gambar yang lebih jelas, kata NASA dan ESA pada Selasa (2/8) waktu setempat, dikutip dari AFP pada Rabu (3/8).

Terletak sekitar 500 juta tahun cahaya dari bumi di konstelasi Sculptor, Cartwheel terbentuk dari tabrakan yang spektakuler antara dua galaksi.

Badan Antariksa AS (NASA) dan Badan Antariksa Eropa (ESA) mengatakan tabrakan itu menimbulkan dua cincin yang meluas dari pusat galaksi, seperti riak di kolam setelah sebuah batu dilemparkan ke dalamnya.

Baca Juga : NASA Pamerkan Keindahan Semesta Hasil Tangkapan Teleskop Webb

Cincin putih yang lebih kecil tetap lebih dekat ke pusat galaksi. Sementara cincin luar, dengan jari-jari warnanya, telah berkembang ke alam semesta selama sekitar 440 juta tahun. Saat cincin luar mengembang, cincin itu berubah menjadi gas sehingga memicu pembentukan bintang-bintang baru.

Teleskop Hubble sebelumnya telah menangkap gambar galaksi cincin yang langka, yang diyakini sebagai galaksi spiral seperti Bima Sakti sebelum ditabrak oleh galaksi yang lebih kecil.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button