Nasional

Pakar: Perlu Sosialisasi Intensif soal Cacar Monyet

INDOPOSCO.ID – Pakar kesehatan, Prof. Tjandra Yoga Aditama mengingatkan perlunya sosialisasi intensif terkait cacar monyet atau monkeypox kepada masyarakat hingga ke tingkat desa atau kelurahan.

“Sosialisasi dan edukasi sangat diperlukan agar masyarakat makin memahami apa itu cacar monyet,” katanya ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (26/7).

Guru Besar Fakultas Kedokteran UI itu menjelaskan sosialisasi dan edukasi secara garis besar harus meliputi dua hal.

Berita Terkait

“Pertama yakni mengenai apa itu cacar monyet, bagaimana gejala, bagaimana penularan dan pencegahan-nya, termasuk juga mengenai bagaimana penanganan-nya,” katanya.

Kedua, kata dia, sosialisasi mengenai pengertian darurat kesehatan, hal ini diperlukan karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memutuskan cacar monyet global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Baca Juga: Turki Alami Kasus Pertama Cacar Monyet

“Dengan demikian perlu ada sosialisasi kepada masyarakat mengenai apa itu kedaruratan kesehatan agar masyarakat tetap waspada namun tidak panik secara berlebihan,” ujarnya.

Mantan Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Asia Tenggara itu juga menambahkan bahwa dengan adanya sosialisasi yang intensif, maka dapat mendukung upaya kewaspadaan terkait penyakit cacar monyet.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button