Nasional

Mahasiswa Didorong Pecahkan Masalah Energi Fosil

INDOPOSCO.ID – Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mengatakan pihaknya mendorong mahasiswa sebagai generasi muda agar terus melakukan inovasi untuk memecahkan persoalan energi fosil dan transformasi energi baru terbarukan (EBT).

“Saya mendorong agar adik-adik mahasiswa untuk terus inovatif memecahkan persoalan energi fosil dan bertransformasi menuju EBT,” kata Sugeng dalam sesi bincang-bincang Formula Electric Student bertajuk “Kendaraan Listrik dan Renewable Energy” sebagai bagian dari perhelatan PEVS 2022, dikutip melalui siaran pers, Minggu (24/7).

Ia menjelaskan bahwa EBT memiliki manfaat antara lain menurunkan emisi dan menyerap tenaga kerja. Menurut Sugeng, Indonesia memiliki potensi EBT melimpah hingga 420 GW.

Berita Terkait

Untuk energi surya, Sugeng mengatakan Indonesia memiliki potensi sebesar 3000 GW, sementara total listrik se-Indonesia baru mencapai 65 GW. EBT lain yang dimiliki Indonesia juga termasuk hidro, bioenergi, bayu, panas bumi dan laut.

Ia menyebutkan nilai investasi EBT dari Foreign Direct Investment sebesar USD13,3 triliun untuk investasi new power generation assets hingga 2050 secara global.

“EBT dapat meningkatkan keuntungan ekonomi tiga sampai dengan delapan kali lipat, dan cadangan nikel Indonesia menjadikan Indonesia pemain kunci global untuk industri baterai listrik sebagai komponen utama era elektrifikasi,” ujar Sugeng.

Ia mengatakan energi fosil (minyak, gas dan batu bara) pada hari ini menimbulkan problem sistemik karena bersifat polutif, keberadaan yang semakin terbatas, dan rentan dalam harga internasional yang sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk faktor politik. Menurut Sugeng, Indonesia bertekad untuk mengurangi emisi karbon.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button