Nasional

Kemenkominfo Ungkapkan Ada Belasan Platform Digital Besar Belum Daftar PSE

INDOPOSCO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan, hingga hari ini masih terdapat belasan platform digital besar yang belum mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat, atau melewati tenggat registrasi pada 20 Juli 2022.

Kominfo pada hari ini menyisir 100 besar PSE dengan lalu lintas (traffic) tertinggi. Berdasarkan pantauan kementerian hari ini, setidaknya ada belasan nama platform digital besar yang belum mendaftar, antara lain Roblox, Opera, LinkedIn, PayPal, Amazon. com, Yahoo, Bing, Steam, DOTA, Epic Games, Counter-Strike, Alibaba. com, Battle. net dan Origin.

Kominfo menyatakan akan secara bertahap memberikan sanksi kepada PSE yang belum mendaftar.

Berita Terkait

“Kami kirimkan surat segera,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam konferensi pers virtual pada Kamis (21/7/2022), seperti dikutip Antara.

Setelah daftar 100 besar yang dipantau pada hari ini, Kominfo juga berencana memantau 1.000 PSE dengan lalu lintas yang tinggi.

Saat ini sejumlah platform besar terpantau sudah mendaftar ke Kominfo, antara lain Google Cloud, Facebook, WhatsApp, WhatsApp Messenger, Instagram, Twitter dan TikTok.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button