Nasional

Bapeten Dorong Adanya Peta Pengawasan Limbah Radioaktif

INDOPOSCO.ID – Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mendorong pembuatan peta jalan nasional pengawasan dan pengelolaan limbah radioaktif.

“Peran dan komitmen semua pihak sangat diperlukan untuk menyepakati peta jalan nasional pengawasan dan pengelolaan limbah radioaktif tahun 2022–2027,” kata Deputi Pengkajian Keselamatan Nuklir Bapeten Dahlia Cakrawati Sinaga dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, seperti dikutip Antara, Kamis (16/6/2022).

Ia menuturkan peran dan komitmen tersebut mencakup kesepakatan dalam tugas dan tanggung jawab dari berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pelaksanaan kegiatan, pembiayaan, sampai tenggat waktu penyelesaian setiap permasalahan.

Berita Terkait

Dahlia mengatakan peta jalan nasional yang perlu disepakati, antara lain pemetaan limbah, terobosan dalam proses perizinan pelimbahan zat radioaktif, pengangkutan limbah radioaktif, dan pengelolaan limbah radioaktif.

Peraturan perundang-undangan telah mengatur keselamatan pengelolaan limbah radioaktif. Namun di lapangan masih ditemukan kendala, antara lain perusahaan yang pailit sehingga tidak dapat mengirimkan kembali zat radioaktif ke negara asal, keterbatasan kontainer pengangkut, biaya pengiriman, dan kendala transportasi ke negara asal.

Baca Juga: Tim KLHK Tangani Pembuangan Limbah B3 di Kawasan Hutan Karawang

“Kegiatan pengolahan limbah radioaktif yang dilakukan penghasil limbah radioaktif sangat berisiko membahayakan pekerja, masyarakat, dan lingkungan. Rumah sakit dan pabrik kertas menjadi contoh tempat ditemukannya limbah radioaktif,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button