Nasional

MPP Kabupaten Sanggau, Reformasi Birokrasi di Tapal Batas

INDOPOSCO.ID – Mal Pelayanan Publik (MPP) kini berdiri di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Wilayah yang berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia ini menunjukkan reformasi birokrasi pada bidang publik di perbatasan negara.

Dengan adanya MPP, masyarakat Sanggau dan sekitarnya kini lebih mudah mendapat pelayanan. Sebab ada 140 layanan dari 21 instansi yang bergabung dalam pusat pelayanan terpadu ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo yang memberi sambutan secara virtual mengatakan, MPP meningkatkan kualitas dan mengintegrasikan pelayanan.

“Memudahkan seluruh masyarakat Sanggau dan sekitarnya untuk mempercepat pengurusan berbagai pelayanan pribadi maupun yang berkaitan dengan investasi,” ujarnya, dalam acara Peresmian MPP Kabupaten Sanggau, Selasa (24/5).

MPP ini merupakan MPP ke-57 di Indonesia, ke-5 di Borneo, dan menjadi MPP kedua di Provinsi Kalimantan Barat. Berdirinya MPP di kabupaten berjuluk Bumi Dara Nante menjadi penopang bagi perwujudan reformasi pelayanan publik, yakni pelayanan yang cepat, mudah, dan tidak berbelit-belit.

Tjahjo mengatakan, semangat kolaborasi melalui kehadiran MPP diharapkan dapat mengintegrasikan layanan-layanan, baik layanan daerah maupun pusat, sehingga dapat memudahkan berbagai urusan masyarakat melalui penerapan one stop services. Integrasi layanan juga membutuhkan kualitas SDM yang mumpuni. Untuk itu, Menteri Tjahjo berpesan kepada para pimpinan penyelenggara pelayanan publik agar terus meningkatkan kompetensi SDM yang profesional dan budaya kerja yang berintegritas.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button