Nasional

Ketua DPR Puan Maharani Klaim Lembaganya Berperan Penting di Masa Darurat Kesehatan

INDOPOSCO.ID – Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memiliki peran penting membantu Pemerintah dan pihak- pihak lainnya dalam menghadapi situasi darurat kesehatan.

Peran yang diambil oleh DPR saat situasi darurat itu terkait urusan legislasi, penganggaran, dan pengawasan, kata Puan, saat berbicara pada forum yang digelar oleh Inter- Parliamentary Union (IPU) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), di BICC, Nusa Dua, Bali, Selasa.

“Saat pandemi atau bencana melanda, semua orang berperan menjaga kesehatan masyarakat. Pandemi membuat kita menyadari peran anggota parlemen dalam kedaruratan medis,” kata Puan Maharani dalam forum yang membahas kesiapan ketahanan kesehatan itu, Selasa (22/3/2022), seperti dikutip Antara.

Dalam pertemuan itu, Puan menyampaikan pandemi Covid-19 membuka kelemahan sistem dan kurangnya kesiapan dunia dalam menanggulangi kedaruratan kesehatan.

Baca Juga : Anggota DPR Minta Usut Mafia Penyebab Minyak Goreng Langka

“Saat kita dihadapkan dengan ancaman, risiko, dan kerentanan, kita menyadari urgensi untuk pendekatan semua (jenis) bahaya (ancaman, Red), (pendekatan) multisektoral, dan terkoordinasi untuk kesiapsiagaan darurat kesehatan,” kata Ketua DPR RI itu pula.

Ia menegaskan pandemi Covid-19 ini jadi momentum untuk meningkatkan kepemimpinan parlemen dalam penanggulangan krisis kesehatan.

“Parlemen harus mengambil peran utama mempromosikan kesiapsiagaan darurat kesehatan negara,” ujar Puan Maharani.

Dalam forum itu, dia pun mengajak delegasi parlemen dari 115 negara untuk membuat undang- undang kesehatan yang lebih komprehensif dan proporsional di negara masing-masing.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button