Nasional

Ketua DPR Minta Layanan BPJS Kesehatan Ditingkatkan

INDOPOSCO.ID – Ketua DPR RI Puan Maharani meminta kualitas layanan BPJS Kesehatan untuk ditingkatkan sebelum menjadi syarat masyarakat dalam mengakses pelayanan publik.

“Perbaikan layanan BPJS Kesehatan adalah keharusan agar masyarakat bisa menerima ketentuan baru ini,” kata Puan , seperti dilansir Antara, Kamis (24/2/2022).

Syarat wajib BPJS Kesehatan bagi masyarakat untuk dapat mengakses sejumlah layanan publik tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ditandatangani pada 6 Januari 2022.

Berita Terkait

Kepesertaan BPJS Kesehatan diwajibkan untuk calon jamaah haji dan umrah, permohonan SIM, STNK, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Selain itu juga untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR), bahkan untuk jual beli tanah hingga permohonan perizinan berusaha.

Baca Juga: Aturan Jual Beli Tanah Wajib Lampirkan BPJS Kesehatan Dinilai Ngawur

Puan mengatakan kepesertaan wajib BPJS Kesehatan memang diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Namun, di menilai adanya polemik akibat aturan itu karena masih kurang optimal-nya layanan BPJS Kesehatan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button