Nasional

Presidensi G20 Indonesia Dorong Kolaborasi, Persatuan Negara Anggota

INDOPOSCO.ID – Presidensi G20 Indonesia akan mendorong kolaborasi, kerja sama dan persatuan di antara negara-negara anggota G20, kata Staf Khusus Menlu Bidang Penguatan Program-Program Prioritas Dr. Dian Triansyah Djani, Kamis (24/2).

“Tapi ini bukan hal yang mudah. Dengan pertimbangan tersebut, presidensi G20 Indonesia tentunya mengusung tema Recover Together, Recover Stronger,” ujar Dian dalam webinar “Sinergi Media untuk Acara Internasional” di Jakarta, Kamis (24/2), seperti dikutip Antara.

Dia mengatakan presidensi Indonesia juga memastikan agar berbagai komitmen dan kesepakatan dalam presidensi G20 sebelumnya dapat ditindaklanjuti.

Berita Terkait

Baca Juga : Dihadiri 25 Negara, Dirut Pertamina Minta Menindaklanjuti Pertemuan Task Force B20

“Ada harapan dari para delegasi negara- negara anggota G20 bahwa tema Recover Together, Recover Stronger yang merupakan tema yang kuat dapat ditindaklanjuti kepada sesuatu hal yang konkret atau nyata,” kata Dian.

Dia mengatakan Indonesia memiliki peran penting sebagai negara yang dapat menjembatani pencapaian solusi bagi permasalahan global.

“Diplomasi Indonesia tentunya berpegang pada prinsip menemukan solusi terhadap isu global,” kata dia.

Selain itu, kata Dian, Indonesia memiliki rekam jejak diplomasi yang sangat kuat dan tepercaya di banyak forum Dewan Keamanan PBB.

“Kita baru saja selesai menyelesaikan tugas kita di DK PBB tahun 2020. Di Dewan HAM PBB, kita juga menjadi co-chair di berbagai pertemuan dunia dan Bu Menlu Retno Marsudi adalah co-chair di COVAX. Kita dapat menjembatani berbagai perbedaan di antara negara-negara maju dan berkembang,” kata dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button