Nasional

KSP: Pemerintah Upayakan Payung Hukum Adaptif Terkait Telemedisin

INDOPOSCO.ID – Deputi II Kantor Staf Presiden Abetnego Tarigan mengatakan bahwa pemerintah tengah berupaya untuk menyediakan payung hukum yang adaptif bagi para pengguna platform telemedisin.

Dia menekankan KSP siap mendukung Kementerian Kesehatan dan kementerian/lembaga lain dalam menjawab kebutuhan regulasi bagi layanan telemedisin dan memastikan tidak ada celah regulasi yang merugikan.

“Kebutuhan perlindungan hukum akan semakin tinggi seiring dengan penggunaan telemedisin itu sendiri. Jika nanti ada kasus etik, malpraktik, fraud, moral hazard dan semacamnya baik dari sisi pasien atau pun dokter, kita sudah siap untuk mengatasinya. Ini masih jadi PR pemerintah juga untuk mempelajari lebih detil, potensi-potensi masalah yang akan terjadi,” kata Abetnego, dalam siaran pers di Jakarta, Senin (14/2).

Abetnego menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo memberikan perhatian besar terhadap perkembangan telemedisin yang menjadi pivot penting dalam pelayanan kesehatan, khususnya terkait Covid-19.

“Pemerintah akan membuat smart regulation dalam mengimbangi perkembangan teknologi dan inovasi yang begitu cepat. Pelayanan kesehatan melalui telemedisin pada dasarnya berbasis internet dan harus memiliki regulasi yang baik. Untuk itu, harus didukung dengan ketersediaan infrastruktur dasar yang memadai,” jelasnya seperti dikutip Antara, Senin (14/2/2022).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button