Nasional

Pengamat: Prokes di Obyek Wisata Harus Diperketat

INDOPOSCO.ID – Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Chusmeru mengingatkan pentingnya penguatan protokol kesehatan di objek wisata guna mengantisipasi terjadinya peningkatan kasus Covid-19 varian baru, Omicron.

“Pemerintah dan pengelola objek wisata perlu kembali berhati-hati dan mengantisipasi terjadinya peningkatan kasus Covid-19. Apalagi saat ini angka kasus varian baru Omicron juga mulai mengalami peningkatan,” katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa.

Dia menjelaskan kebijakan pemerintah mengizinkan objek wisata di daerah untuk dapat dikunjungi kembali perlu diiringi disiplin penguatan protokol kesehatan dan optimalisasi aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Syarat Isoman untuk Pasien Omicron

Protokol kesehatan jangan sampai kendur. Keamanan, kenyamanan dan keselamatan wisatawan harus menjadi hal utama,” katanya.

Ia meningkatkan dalam bagan mengestimasi kenaikan permasalahan dampak versi Omicron, terdapat sebagian perihal yang perlu diperhatikan, yakni kebijakan jumlah maksimal pengujung di objek wisata perlu selalu dievaluasi sesuai kondisi kasus Covid-19 di daerah.

“Jika selama ini diterapkan 75 persen kapasitas pengunjung, untuk mengantisipasi Omicron bisa diturunkan menjadi 50 persen jumlah pengunjung,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button