Nasional

Timsel KPU-Bawaslu Pastikan Hasilkan Penyelenggara Pemilu Berintegritas

INDOPOSCO.ID – Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memastikan pihaknya kompak dan independen dalam melaksanakan tugasnya untuk dapat menghasilkan penyelenggara pemilihan umum atau pemilu yang berintegritas.

Ketua Timsel Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu Juri Ardiantoro dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (20/1), menyampaikan hal itu ketika rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi II DPR RI terkait penyampaian laporan akhir timsel kepada Komisi II DPR RI.

Dalam kesempatan itu, Juri mengklarifikasi persepsi yang keliru terkait proses wawancara yang berlangsung sehingga menyebabkan adanya isu yang berkembang soal timsel yang tak kompak.

“Proses wawancara ada yang dinilai tidak pas, ketidakadilan antara satu peserta dengan yang lain. Kami di timsel ini, saya merasakan 11 orang ini adalah timsel yang sangat kompak, meskipun latar belakangnya beragam,” kata Juri.

Ia pun mengatakan adapun yang terjadi dalam proses wawancara yang juga disiarkan di kanal YouTube merupakan dinamika tanya jawab yang terjadi untuk menggali calon secara detail.

Artinya, setiap anggota timsel memiliki cara dan gaya masing-masing dalam menggali informasi, isi pikiran, sikap, pandangan, terhadap calon anggota yang diwawancara.

Baca Juga : Perludem Nilai KPU Bisa Perpendek Masa Kampanye Pemilu 2024

Bahkan, setiap calon anggota KPU maupun Bawaslu juga diberikan kesempatan untuk mengungkap kelebihan yang dimilikinya, termasuk mengklarifikasi apa yang menjadi catatan dari timsel.

Termasuk, kata dia, di dalam melakukan proses wawancara, tim sel memang harus menemukan atau mendapatkan jawaban- jawaban yang seringkali pertanyaan- pertanyaan itu sangat dinamis.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button