Nasional

WHO Bentuk Inisiatif Global Pastikan Layanan Kesehatan Primer Berjalan

INDOPOSCO.ID – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membentuk inisiatif global untuk memastikan seluruh pelayanan kesehatan primer maupun sekunder tetap berjalan optimal di tengah pandemi COVID-19.

“Secara umum dengan adanya COVID-19 terjadi dampak luar biasa terhadap sistem kesehatan primer maupun rujukan atau sekunder,” kata Pejabat WHO Regional Asia Tenggara Siswanto dalam webinar ‘Refleksi Pembangunan Kesehatan dan Arah Ke Depan,’ yang diikuti dari YouTube FNM Society di Jakarta, Minggu (16/1/2022).

Siswanto mengatakan hingga 15 Januari 2022 Eropa dan Amerika Serikat masih mendominasi kasus COVID-19 masing-masing dengan jumlah lebih dari 116 juta kasus dan telah masuk pada gelombang ketiga. Selanjutnya diikuti wilayah Asia Tenggara sekitar 46 juta kasus.

Mantan Kepala Puslibangkes Kemenkes RI itu menyebut pandemi COVID-19 menimbulkan dampak pada intervensi kesehatan masyarakat maupun perorangan, termasuk mempengaruhi sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan serta alat farmasi.

Hasil survei cepat WHO terhadap 135 negara responden melaporkan 94 persen negara responden mengalami gangguan pelayanan kesehatan. “34 persen negara responden mengalami dampak gangguan COVID-19 pada sistem pelayanan kesehatan lebih dari 50 persen,” katanya.

Dampak yang paling dirasakan, kata Siswanto, adalah pelayanan kesehatan primer seperti kunjungan rumah, pelayanan lapangan dan lainnya. Kedua, adalah pelayanan rehabilitatif dan valiatif seperti pelayanan di fasilitas kegawatdaruratan.

Baca Juga: Ini Pedoman Pengobatan Terbaru Covid-19 Versi WHO

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button