Nasional

Kewirausahaan Sosial untuk Si Miskin

INDOPOSCO.ID – Fenomena sosial yang berkembang saat ini amatlah masif, menyentuh hampir pada semua segmen kehidupan. Fenomena sosial klasik masih mendominasi semisal kemiskinan, ketertinggalan, keterpencilan, selain muncul pula fenomena sosial kekinian semisal narkoba, konflik sosial, dan maraknya pengggunaan media sosial yang berujung pada lunturnya relasi sosial dan kohesifitas sosial antar warga.

Banyak cara dan langkah dilakukan untuk mengatasi fenomena sosial ini, tidak terkecuali dalam hal pemberdayaan pada kelompok kelompok tertentu. Dalam batasan empiris yang dilansir oleh kemensos, ada 26 permasalahan sosial yang membutuhkan sentuhan tidak semata soal rehabilitasi, bantuan sosial, jaminan sosial, tetapi bagaima memanfaatkan dan dan mendorong sejumlah potensi yang dimiliki oleh warga yang akan diberdayakan, baik yang mengalami hambatan fisik, maupun yang terbelenggu oelh kemiskinan.

Inilah salah satu bagian yang menjadi gagasan dilaksanakannya webinar tentang kewirausahaan sosial bertajuk ‘Kolaborasi dan sinergi Sektor Ekonomi Kreatif dalam Menumbuhkembangkan Kewirausahaan Sosial bagi Pemerlu Pelayaan Kesejahteraan Sosial’, yang diselenggarakan oleh Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung, sebagai sebuah jembatan bagi pengembangan potensi yang dimiliki oleh sejumlah warga yang ‘tertinggal’.

Baca Juga : Hima Universitas Tama Jagakarsa Jaksel Gelar Webinar Public Speaking

Sebagaimana disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiana Uno, yang menjadi keynote speech dalam webinar ini, bahwa menjadi sebuah keniscayaan, ke depan dibangun kolaborasi dan sinergi untuk mengembangkan ekonomi kreatif bagi mendorong daya juang dan daya tahan warga, agar memiliki investasi bagi keluarganya, ada kegiatan usaha yang menopang mata pencaharian, dan daya kreatif bagi pengembangan usahanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button