Nasional

Ini Nasihat Kepala BKKBN untuk Seluruh Remaja Se-Indonesia

INDOPOSCO.ID – Seluruh remaja di Indonesia diminta untuk menghindari hubungan seks di luar nikah pada usia muda karena dapat berakibat pada kualitas hidup dan nyawa seorang anak. “Hubungan seks di bawah usia 20 tahun adalah hubungan yang sangat berisiko. Maka nasihatnya, jangan mendekati zina,” kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (7/1/2022).

Berdasarkan data yang ada, lanjut dia, besaran persentase anak yang sudah melakukan hubungan seks di luar nikah pada usia 11-14 tahun mencapai enam persen. Sedangkan pada usia 15-19 tahun, 74 persen laki-laki dan 59 persen perempuan mengaku sudah pernah melakukan hal tersebut.

Kemudian pada usia 20-24 tahun, jumlah yang sudah berhubungan seks mencapai 12 persen untuk laki-laki dan 22 persen pada perempuan.

Baca Juga: BKKBN: Edukasi Kurang, Bayi dengan Berat Badan Rendah Meningkat

Menurutnya, banyaknya anak melakukan hubungan seks disebabkan oleh pergaulan bebas yang tak hanya terjadi di perkotaan, tetapi juga di desa. Pergaulan bebas itu yang akhirnya mengarah pada pergaulan berisiko, sehingga anak, khususnya pada perempuan, mengalami kehamilan-kehamilan yang tidak dikehendaki.

Akibatnya, lanjut Hasto, 17 per 100 kehamilan di Indonesia terjadi rata-rata tak diinginkan secara menyeluruh. Selain itu, dampak yang diberikan sangat memprihatinkan karena anak menikah terlalu dini, sehingga kehilangan harapan untuk bersekolah. Anak yang dikandung juga dapat berisiko terlahir dalam keadaan kerdil (stunting), bahkan mengancam keselamatan nyawa ibu dan bayi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button