Nasional

Pembangunan RS Internasional dan Pengembangan SDM Nakes Harus Berjalan Seiring

INDOPOSCO.ID – Pembangunan Rumah Sakit (RS) Internasional di Bali diyakini mampu menciptakan fitur wisata baru yang otomatis bakal mengangkat kelas pariwisata di Pulau Dewata tersebut. Pengembangan kemampuan sumber daya manusia (SDM) tenaga kesehatan (nakes) pun menjadi keniscayaan.

Presiden Joko Widodo meletakan batu pertama atau ground breaking pembangunan Rumah Sakit (RS) Internasional Bali, pada Senin (27/12/2021), dalam kunjungan kerjanya di Bali. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan Baktiar Najamudin menilai, pembangunan RS Internasional itu merupakan sebuah langkah maju.

‚ÄúPembangunan RS Internasional Bali itu berpeluang memunculkan fitur berwisata baru di Bali, yakni wisata kesehatan, yang efektif meningkatkan grade wisata di Bali. Sangat mungkin mendongkrak pula jumlah kedatangan wisatawan lokal maupun asing ke Bali,” ujarnya kepada media, Rabu (29/12/2021).

Menurut Sultan, dengan menyediakan fasilitas kesehatan kelas internasional, Bali tidak hanya akan menjadi destinasi wisata kelas dunia. Bali juga bisa, kata dia, menjadi rujukan pengobatan dan pemulihan bagi kesehatan fisik dan psikis secara terintegrasi.

“Kami optimistis apa yang menjadi harapan pemerintah dalam menahan laju keluarnya devisa negara dengan memberikan pilihan pengobatan di RS modern ini akan efektif terwujud. Tentu saja, dibutuhkan kesadaran bersama, terutama kelompok masyarakat menengah atas, untuk tidak lagi berobat ke luar negeri,” ungkapnya.

Dewasa ini, menurut Sultan, imej kecanggihan teknologi kesehatan dan keahlian dokter spesialis RS luar negeri kerap masih menjadi pertimbangan bagi banyak kelompok masyarakat di dalam negeri. Hal itu, sambung dia, menjadi pekerjaan rumah yang harus dijawab oleh RS Internasional Bali.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button