Nasional

Wapres RI Libatkan BAZNAS Entaskan Kemiskinan di Wilayah Pesisir

INDOPOSCO.ID – Wakil Presiden (Wapres) RI KH. Ma’ruf Amin melibatkan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam upaya pengentasan kemiskinan di wilayah pesisir dengan mengundang Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad MA pada rapat Evaluasi Arah Penanganan Pengurangan Kemiskinan Ekstrem.

Rapat dihadiri Menko Perekonomian dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Koperasidan UKM, Menteri Desa PDTT, Wakil Kepala Staf TNI AL, dan Ketua Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) dan Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA.

Rapat tersebut diselenggarakan di Istana Wakil Presiden RI, Selasa (21/12/2021). Dalam rapat kali ini, KH Ma’ruf memberikan arahan agar upaya pengurangan kemiskinan ekstrem juga menyasar kelompok miskin ekstrem diwilayah pesisir. Pada tahun 2021 ini, tingkat kemiskinan ekstrem di Indonesia adalah 4 persen atau berjumlah 10,86 juta jiwa.

“Sementara itu, tingkat kemiskinan ekstrem khususnya diwilayah pesisir relative lebih tinggi dibandingkan wilayah lainnya. Dimana tingkat kemiskinan diwilayah pesisir sebesar 4,19 persen, angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata nasional. Dari jumlah penduduk miskin ekstrem sebesar 10,4 juta jiwa, 12,5 persen atau 1,3 juta jiwa diantaranya berada diwilayah pesisir,” ujarnya.

Baca Juga: Empat Belas UPZ BAZNAS Bantu Korban Erupsi Semeru

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button