Nasional

Menhub: Libur Natal Tidak Ada Putar Balikkan Kendaraan

INDOPOSCO.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan tidak akan ada kebijakan memutar balik kendaraan di perbatasan wilayah saat momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Istilah putar balik dan sebagainya tidak ada,” tutur Menteri Budi Karya usai meninjau sosialisasi Keselamatan Berkendara dan Pelatihan Mengemudi di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu.

Untuk mencegah penyebaran varian baru Covid-19 Omicron, ia mengatakan pemerintah memiliki narasi tunggal yakni dengan memperketat penerapan protokol kesehatan.

“Ada satu narasi tunggal, apa narasi tunggal itu, bahwa yang kita lakukan itu adalah pengetatan atas protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan sebagainya,” ucap dia.

Baca Juga: Menhub Instruksikan Pengetatan Prokes Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Ia mengetahui bahwa saat ini antusiasme masyarakat untuk bepergian mulai meningkat.

Kendati begitu, ia meyakini penularan SARS-CoV-2 varian baru tersebut dapat dilindungi apabila kegiatan masyarakat diiringi dengan prokes ketat.

Budi juga meminta seluruh jajarannya dapat menerapkan pendekatan yang humanis dalam mencegah penyebaran virus di sektor perhubungan.

“Kami diimbau untuk Dirjen Perhubungan Darat, Pak Dirlantas, harus melaksanakan secara humanis. Kita harus jaga bahwa Omicron itu tidak menyebar ke mana-mana, tetapi pergerakan tetap,” tutur dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button