Nasional

Bea Cukai Musnahkan Barang Sitaan Senilai Rp8,3 Miliar

INDOPOSCO.ID – Sebagai bentuk transparansi dan tindak lanjut barang hasil sitaan serta menciptakan iklim usaha yang sehat, Bea Cukai kembali menggelar pemusnahan barang-barang hasil penindakan di Sidoarjo dan Semarang dengan total nilai mencapai lebih dari Rp8,3 miliar.

Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I dan Bea Cukai Sidoarjo melaksanakan pemusnahan barang milik negara hasil penindakan selama kurun waktu Februari hingga Juni 2021 pada Rabu (15/12) di Pendopo Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I, Padmoyo Tri Wikanto mengungkapkan barang yang dimusnahkan berupa 8.151.436 batang rokok, 45 cartridge vape dan 112.490 ml minuman beralkohol ilegal dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp 8.331.406.440. Dari hasil penindakan tersebut, perkiraan kerugian negara sebesar Rp 4.203.754.410.

Baca Juga : Optimalkan Pelayanan dan Pengawasan, Bea Cukai Andalkan Sinergi dengan Eksternal

Padmoyo mengatakan keberhasilan pemusnahan BMN ini merupakan hasil kolaborasi dari Pemda Kabupaten Sidoarjo, Pemerintah Kota Surabaya dan Pemda Kabupaten Mojokerto serta Aparat Penegak Hukum TNI dan Polri. “Bea Cukai berkomitmen untuk terus melakukan operasi gempur rokok ilegal yang merupakan bagian dari upaya kita untuk terus memberantas peredaran rokok ilegal baik dari sisi produksinya, pengangkutannya dan pemasarannya,’” ujar Padmoyo.

Menurutnya, saat ini Bea Cukai sedang berkolaborasi dengan Pemda untuk menciptakan keseimbangan dalam berusaha. Banyak perusahaan yang legal tersingkir oleh perusahaan yang ilegal, sehingga yang ilegal harus dikurangi.

Padmoyo menambahkan, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membentuk Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT). Dimana para pelaku ilegal diajak untuk menjalankan usahanya secara legal di dalam KIHT. Hal tersebut juga akan berdampak pada penerimaan daerah melalui dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button