Nasional

Salurkan Bantuan dari Kemensos, Komisi VIII Kunjungi Tenda Pengungsi Semeru

INDOPOSCO.ID – Erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur (Jatim) membuat masyarakat yang terdampak langsung menderita trauma berat, sehingga meminta pemerintah segera merelokasi ke tempat baru yang lebih aman. Hal itu terungkap dalam kunjungan kerja spesifik Komisi VIII DPR RI ke lokasi pengungsian korban erupsi. Di sini, legislator menampung berbagai usulan masyarakat korban Semeru untuk ditindaklanjuti oleh pemerintah dan pihak-pihak terkait.

Kunker spesifik Komisi VIII DPR RI dipimpin oleh Ketua Komisi Yandri Susanto didampingi anggota Diah Pitaloka, TB Ace Hasan Syadzily, Umar Basor, Muhammad Ali Ridha, Abdul Wachid, Lisda Hendrajoni, Anisah Syakur, Nanang Samodra, KH Buchori Yusuf, serta Muhammad Rizal.

Dalam kesempatan tersebut, Komisi VIII DPR RI menyalurkan bantuan dari Kementeian Sosial (Kemensos) sebanyak 1.000 paket sembako bagi pengungsi senilai Rp200 juta di Dapur Umum Kemensos RI di Desa Pananggal Kec Candipuro Kab. Lumajang.

“Kepada warga yang meninggal, kami turut berbela sungkawa. Tadi kami dialog dengan pengungsi yang biasanya sulit direlokasi, ini malah meminta pemerintah segera memindahkan ke tempat aman,” kata Yandri Susanto didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Sekretaris Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Robben Rico di Desa Penanggal, Kabupaten Lumajang, Jumat (10/12/2021).

Baca Juga: Hibur Anak-Anak Korban Banjir Bandang NTB, Mensos Disambut Shalawat

Soal relokasi, lanjut Yandri, tentu harus segera disambut positif dan kompak oleh pemerintah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Perhutani dan pihak-pihak terkait lainnya sebagai wujud negara hadir.

“Masyarakat tengah trauma berat dan tidak sanggup kembali ke rumah semula. Sehingga pemerintah dan para pemangku kepentingan harus kompak dan merumuskan tempat relokasi yang baru itu,” ujar Yandri.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button