Nasional

KPK Sambut Baik Dukungan Presiden soal Pencarian Buron Kasus Korupsi

INDOPOSCO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik dukungan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo terkait pencarian buron kasus korupsi.

Presiden dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), Kamis (9/12/2021) menyentil soal buron kasus korupsi yang harus segera dikejar dan diadili.

“Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh Presiden dan jajaran pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Di mana disampaikan bahwa penindakan korupsi tidak hanya sekadar memberi efek jera kepada para pelaku, namun juga bagaimana bisa mengoptimalkan pemulihan kerugian keuangan negara,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Jumat (10/12/2021).

Selain itu, lanjutnya, Presiden juga menyampaikan pemberantasan korupsi juga diharapkan tidak hanya mengedepankan upaya-upaya penindakan, namun juga harus dibarengi dengan upaya Pencegahan dan pendidikan.

“Harapan tersebut selaras dengan Trisula Pemberantasan Korupsi yang diterapkan KPK. Strategi ini memberikan fokus yang sama pada upaya penindakan, pencegahan, dan pendidikan yang dijalankan secara simultan dan saling terintegrasi. Tentu dengan pelibatan seluruh pemangku kepentingan,” kata Ali.

Ali mengungkapkan terkait pencarian buron Daftar Pencarian Orang (DPO) tindak pidana korupsi (TPK), KPK yang telah bekerja sama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun luar negeri yang punya otoritas dan kewenangan dalam pencarian DPO, tentu sebagai sinyal nyata upaya serius KPK untuk mencarinya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button